Rabu, 28 Mei 2014

Mendiagnosa Jaringan Komputer

image

 

Berbagirizky.blogspot.com – Artikel terkait mengenai jaringan komputer, cara mendiagnosa perangkat yang tersambung jaringan, baca juga artikel terkait mengenai perakitan pc.

 

berbagi rizky kali ini akan  memberikan tips cara mendiagnosa jaringan komputer, dari pengalaman saya membuat jaringan disekolah sewaktu disuruh guru untuk menyambukan koneksi internet ke lab yg sering kali  mendapatkan masalah koneksi yang tiba2 terputus, komputer yang sudah terkoneksi internet juga tidak terkoneksi.

untuk menganalisi jaringan komputer memang adalah sebuah tugas yang dilakukan oleh administrator jaringan, yang memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi agar didapat hasil yang baik.

komputer yang tersambung jaringan sering kali mengalami kerusakan/gangguan dari sisi hardware maupun software, hal ini disebabkan karna banyak nya pengguna didalam sebuah jaringan.

jaringan komputer sangat rawan terhadap gangguan dan kerusakan dikarenakan banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan gangguan tersebut, faktor2 yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan tersebut adalah.

 

1. Tegangan Listrik

tegangan listrik dapat menyebabkan gangguan apabila tegangan yang dihasilkan tidak stabil, sering terjadi naik dan turun atau mati mendadak daro sumber PLN. hal tersebut dapat mempengaruhi karna semua peralatan yang kita gunakan bersumber pada listrik.

2. Mati atau tidak berfungsinya komponen tertentu

mati atau tidak berfungsinya komponen dapat disebabkan oleh korosi dan rusak karna kurangnya perhatian dalam perawatan komponen tersebut.

indikasi dari masing-masing komponen dapat diuraikan sebagai berikut

  1. server
  2. workstation
  3. hub/switch
  4. LAN card
  5. kabel dan konektor

jika terdapat masalah dalam jaringan periksalah komponen tersebut apa sudah berfungsi/bekerja dengan baik atau belum.

0 komentar:

Posting Komentar