Selasa, 13 Mei 2014

Apa Yang Dimaksud Dengan RAM

RAM 3

 

Berbagirizky.blog.com - Apa yang dimaksud dengan RAM, Perbedaan RAM, Perbedan DDR, DDR2, DDR3, Baca juga artikel terkait mengenai Perangkat keras Komputer do bawah posting

 

Di dalam sebuah komputer (PC) atau laptop, salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat berperan dalam kinerja dan performa
komputer adalah Memory atau RAM (Random Access Memory). Kali ini  kita akan mengenal sedikit lebih dalam apa itu RAM dan mengapa kita memerlukannya, mengenal jenis RAM seperti DDR, DDR2 dan  DDR3 SDRAM, serta tips jika ingin mengupgrade RAM.

Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat untuk  tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor (CPU – Central  Processing Unit). Data yang ada di RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga di sebut Random (acak).

Data yang tersimpan di RAM bersifat sementara, karena hanya akan  ada jika ada listrik atau saat komputer menyala dan akan hilang  jika komputer mati.

Data yang ada di RAM bisa diakses jauh lebih cepat daripada yang  ada di hardisk, untuk DDR2 SDRAM saja bisa lebih cepat 40 sampai  100 kali dibanding akses ke hardisk, dan untuk jenis DDR3 bisa
100 sampai 300 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk ( sebagai gambaran, akses Hardisk SATA dalam dunia nyata sekitar  80-100 MB/s sedangkan USB 2.0 antara 10MB/s sampai 20 MB/s).

 

 

 

RAM 1

 

DDR, DDR2, dan DDR3

     

Saat ini kebanyakan komputer sudah menggunakan Memory jenis DDR3  ( sebagian lagi jenis DDR2). Sebelum tahun 2002, mungkin masih  cukup banyak komputer yang menggunakan memory jenis Single Data  Rate (SDR) SDRAM. Tetapi setelah itu, penggunaannya mulai  digantikan oleh Double Data Rate (DDR), mulai dari DDR (DDR1),  DDR2 dan sekarang yang banyak beredar adalah DDR3. DDR secara  teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada  SDRAM.

RAM

Masing-masing jenis merupakan pengembangan dari sebelumnya dan  versi terbaru umumnya mempunyai data rate yang lebih tinggi dan  memerlukan daya yang lebih rendah. DDR2 secara teori mempunyai  data rate 2x dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR (DDR1).

DDR3 juga mempunyai keunggulan dibanding DDR2, seperti bandwidth  yang lebih tinggi, latensi yang lebih unggul, performa yang  lebih tinggi pada power/daya yg lebih kecil, dan lebih bagus  untuk perangkat low-power seperti laptop.

Masing-masing jenis RAM tersebut tidak saling kompatibel dan  didesign dengan slot yang berbeda. Informasi lebih detail dan  mendalam tentang spesifikasi masing-masing tipe ini bisa melihat  informasi di wikipedia, tentang DDR, DDR2 dan DDR3 

 

Upgrade Memory (RAM) 

Penambahan Memory biasanya akan meningkatkan performa komputer  secara sifnifikan ( tetapi jumlah yang terlalu besar biasanya  tidak banyak berpengaruh, misalnya jika RAM sudah diatas 4 GB,  biasanya peningkatan tidak akan terlihat). Sebagai contoh  Windows 7 biasanya memerlukan paling tidak 2 GB memory, sehingga  bagi yang kurang harus di upgrade agar mendapatkan performa yang  bagus.

Untuk menambah (upgrade) RAM relatif mudah, kita tinggal  mengetahui jenis RAM yang digunakan dan memeriksan apakah masih  ada slot kosong untuk memasang RAM. Yang perlu diperhatikan
adalah kesamaan jenis RAM, karena DDR1 tidak akan cocok dengan  DDR2, dan DDR2 tidak cocok dengan DDR3. Diperlukan jenis yang  sama ketika akan mengupgrade RAM.

 

RAM 4

Selain itu, satu jenis RAM biasanya mempunyai tipe yang bermacam-macam, misalnya DDR3-6400, DDR3-8500, DDR3-10600 dan lainnya ( semakin tinggi, transfer ratenya juga semakin besar). Meskipun untuk tipe yang berbeda masih kompatibel, tetapi RAM akan berjalan dengan tipe yang lebih rendah. Misalnya DDR3-10600 2 GB di gabung dengan DDR3-8500 2GB, jumlah RAM akan bertambah menjadi 4 GB, tetapi kinerja akan menyesuaikan yang terendah ( DDR3-8500 ).


Untuk mengetahui jenis RAM yang didukung, bisa melihat buku manual/petunjuk moherboard, melihat jenis slot RAM atau menggunakan software seperti Speccy. Untuk Memory notebook/laptop, sedikit berbeda ukurannya dengan RAM C/komputer, biasanya hanya setengah RAM PC. Ketika membeli di toko komputer bisa menyebutkan dengan SO-DIMM ( small outline dual in-line memory module ). DIMM merupakan jenis slot untuk Memory.


Jumlah maksimal RAM tergantung pada Motherboard dan juga Sistem Operasi yang digunakan. Untuk sistem operasi 32-bit biasanya tidak mendukung RAM diatas 4GB, sedangkan untuk sistem 64-bit, secara teori dapat mendukung sampai 192 GB RAM (Windows 7 ultimate). Selain itu kadang jumlah maksimal juga dibatasi oleh Motherboard, misalnya hanya mendukung maksimal 16 GB RAM.

0 komentar:

Posting Komentar